TOKO 0SCAR CLASSER

Senin, 03 Maret 2014

CONTOH SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

SILABUS MATA PELAJARAN:  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan pendidikan    :  SMP NEGERI CIGALONTANG
Kelas                           :  VII (Tujuh)
Kompetensi Inti*       : 

KI  1:  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI  3: Memahami  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu   pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak  mata).

KI  4: Mencoba,mengolah,  dan menyaji, dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)   dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori).

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
3.8  Memahami ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar
4.6   Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.

1.        Ketentuan  bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
1.1.       Pengertian  ¯ah±rah
1.2.       Macam-macam hadas
1.3.       Macam-macam najis
1.4.       Tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
1.5.       Hikmah   ¯ah±rah.



Mengamati
·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan kebersihan.
·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai  ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Membaca dalil naqli mengenai ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

Menanya
·   Dengan dimotivasi  oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

Eksperimen/explore
·   Secara berkelompok mencari data dari berita atau informasi tentang  ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Mendiskusikan tata cara  bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Mendiskusikan manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

Asosiasi
·   Membuat analisis tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Merumuskan manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

Komunikasi
·   Mendemonstrasikan praktik bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan  bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar
·   Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
·   Merumuskan kesimpulan.

Tugas
·   Menuliskan hasil pengamatan terhadap  perilaku-perilaku yang selalu memperhatikan yang memperhatikan kesucian baik hadas maupun najis di lingkungan tempat tinggalnya.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi (bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar).
§  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.

Portofolio
·   Membuat paparan bagan alur tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Membuat paparan  manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar dalam kehidupan sehari-hari.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes  soal – soal pilihan ganda dan uraian.
·       Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja tentang  tayamum/wudhu

3 x 3 Jam Pelajaran




·   Buku siswa Kemdikbud
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Internet
·   Media cetak

Tasikmalaya, 27 pebruari 2014
Guru Pendidikan Agama Islam


Mengetahui
Albajari Usman
NIP: 11.0059.1
Dosen Pembimbing


Drs. H. Abbas, MM,Pd
NIP:
Kepala Sekolah


Dude Imaduddin, Spdi
NIP:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar