SILABUS MATA PELAJARAN:
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Satuan pendidikan : SMP NEGERI CIGALONTANG
Kelas : VII (Tujuh)
Kompetensi Inti* :
KI
1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait
penomena dan kejadian yang tampak mata).
KI 4: Mencoba,mengolah, dan menyaji, dalam
ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori).
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
3.8
Memahami ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas
besar
4.6 Mempraktikkan
tata cara bersuci dari hadas
kecil
dan hadas besar.
|
1.
Ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
1.1. Pengertian ¯ah±rah
1.2. Macam-macam hadas
1.3. Macam-macam najis
1.4. Tata cara bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar.
1.5. Hikmah ¯ah±rah.
|
Mengamati
·
Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan
yang terkait dengan kebersihan.
·
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Membaca dalil naqli mengenai ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
Menanya
·
Dengan dimotivasi
oleh guru mengajukan pertanyaan
tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
Eksperimen/explore
·
Secara berkelompok mencari data dari berita atau
informasi tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Mendiskusikan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Mendiskusikan manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
Asosiasi
·
Membuat analisis tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Merumuskan manfaat bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar.
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan praktik bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
·
Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan kesimpulan.
|
Tugas
·
Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku-perilaku yang selalu memperhatikan
yang memperhatikan kesucian baik hadas maupun najis di lingkungan tempat tinggalnya.
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasi yang memuat:
§ Isi
diskusi (bersuci dari hadas kecil dan hadas besar).
§ Sikap yg
ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
·
Membuat paparan bagan alur tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Membuat paparan
manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar dalam kehidupan
sehari-hari.
Tes
·
Tes kemampuan kognitif
dengan bentuk tes soal – soal
pilihan ganda dan uraian.
·
Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja
tentang tayamum/wudhu
|
3 x 3 Jam Pelajaran
|
·
Buku siswa Kemdikbud
·
Gambar/ video/ multimedia interaktif
·
Internet
·
Media cetak
|
Tasikmalaya, 27 pebruari 2014
Guru Pendidikan Agama Islam
Mengetahui
Albajari Usman
NIP: 11.0059.1
Dosen
Pembimbing
Drs. H.
Abbas, MM,Pd
NIP:
|
Kepala
Sekolah
Dude
Imaduddin, Spdi
NIP:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar