TOKO 0SCAR CLASSER

Minggu, 10 November 2013

RESUME ASAS – ASAS ILMU PENDIDIKAN ISLAM DAN BATAS BATAS PENDIDIKAN ISLAM

 
BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Ilmu pendidikan agama islam merupakan upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga, mengimani ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa.
Pada era globalisasi ini pendidikan sangat penting bagi peserta didik.karena era globalisasi dapat membawa kita untuk semakin mudah memperoleh informasi dari luar yang dapat membantu kita menemukan alternatif-alernatif baru dalam usaha memecahkan masalah yang kita hadapi terutama dalam bidang pendidikan islam,misalnya melalui internet kini kita dapat mencari informasi dari seluruh dunia tanpa harus mengeluarkan banyak dana.
 Kondisi pendidikan dilingkungan kita itu sangat baik terutama dilingkungan pesantren atau madrasah.banyaknya pelajaran agama dan umum bisa menambah pengetahuan para peserta didik yang mempelajarinya.
Hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan islam itu sama-sama berupaya untuk memberikan dengan sengaja oleh orang dewasa kepada peserta didik dalam pertumbuhan jasmani dan rohani dalam menuju terbentuknya kepribadian Utama Agar Berguna Bagi Diri Sendiri Dan Masyarakat.
 
1.2      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas timbul permasalahan yang dapat penulis rumuskan sebagai berikut :
1.    Apa yang dimaksud ilmu pendidikan islam ?
2.    Mengapa pendidikan islam itu penting terutama diera globalisasi seperti sekarang ini?
3.    Jelaskan analisis dan kondisi pendidikan dilingkungan sekitar?
4.    Jelaskan penjelasan tentang hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan islam?
1.3      Tujuan
1)   Agar kita mengetahui pengertian ilmu pendidikan islam.
2)   Agar kita mengerti bagaimana pendidikan islam dimasa era globalisasi. sekarang ini.
3)   Agar kita mengetahui kondisi pendidikan disekitar kita.
4)   Menunjukkan hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan islam.

1.4      Manfaat
a.    Menambah pengetahuan kita tentang ilmu pendidikan islam
b.    Menambah pengetahuan kita bagaimana pendidikan islam dimasa globalisasi sekarang ini
c.    Menambah ilmu pengetahuan kita tentang kondisi ilmu pendidikan disekitar kita
d.    Menambah pengetahuan kita tentang hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan islam.



                   
                     
                     
                      
  
 .
BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian ilmu pendidikan
 Ilmu pendidikan agama islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga, mengimani ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa.yang bertujuan mendidik siswa untuk berperilaku sesuai dengan nilai-nilai atau akhlak islam.dan mendidik siswa siswi untuk mempelajari materi ajaran islam-subjek berupa pengetahuan tentang ajaran islam.

2.2  Pentingnya pendidikan islam diera globalisasi sekarang
Dimasa depan, tampaknya pendidikan islam masih harus melakukan perubahan-perubahan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dan tantangan yang dihadapinya.tantangan yang paling nyata didepan mata adalah globalisasi sebagai akibat kemajuan IPTEK.
Globalisasi adalah suatu proses yang mendunia akibat kemajuan-kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dibidang telekomunikasi dan transportasi.
Pada era globalisasi ini pendidikan sangat penting bagi peserta didik.karena era globalisasi dapat membawa kita untuk semakin mudah memperoleh informasi dari luar yang dapat membantu kita menemukan alternatif-alernatif baru dalam usaha memecahkan masalah yang kita hadapi terutama dalam bidang pendidikan islam,misalnya melalui internet kini kita dapat mencari informasi dari seluruh dunia tanpa harus mengeluarkan banyak dana.



2.3       Analisis dan kondisi pendidikan di lingkungan sekitar
Kondisi pendidikan dilingkungan kita itu sangat baik terutama dilingkungan pesantren atau madrasah,banyaknya pelajaran agama dan umum bisa menambah pengetahuan para peserta didik yang mempelajarinya,dibandingkan sekolah umum yang tidak berwawasan pesantren atau madrasah, seperti SD, SMP atau SMA.materi PAI hanya digabung menjadi satu pelajaran saja disekolah umum yang bukan madrasah.sedangkan kalau dimadrasah pelajaran PAI terbagi menjadi enam,yaitu :
a.    Ilmu alquran
b.    Alhadist
c.    Keimanan
d.    Aqidah akhlak
e.    fIqih atau ibadah
f.      sejarah kebudayaan islam

2.4       Hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan islam
Hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan islam itu sama-sama berupaya untuk memberikan dengan sengaja oleh orang dewasa kepada peserta didik dalam pertumbuhan jasmani dan rohani dalam menuju terbentuknya kepribadian utama agar berguna bagi diri sendiri dan masyarakat.
Hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan islam juga dapat mengubah tingkah laku individu pada kehidupan pribadi, masyarakat, dan alam sekitarnya. Dengan cara pengajaran sebagai suatu aktifitas asasi dan sebagai profesi diantara profesi-profesi asasi dalam masyarakat.
  Hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan islam mempunyai tujuan yang biasanya diusahakan untuk menciptakan pola-pola tingkah laku tertentu pada anak-anak atau orang yang sedang dididik 
                

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
1)     Ilmu pendidikan agama islam adalah upaya sadar dan terencanadalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga, mengimani ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa.

2) Pentingnya pendidikan pada Era globalisasi sangat penting bagi peserta      didik.karena era globalisasi dapat membawa kita untuk semakin mudah memperoleh informasi dari luar yang dapat membantu kita menemukan alternatif-alernatif baru dalam usaha memecahkan masalah yang kita hadapi terutama dalam bidang pendidikan islam,misalnya melalui internet kini kita dapat mencari informasi dari seluruh dunia tanpa harus mengeluarkan banyak dana.
3). Kondisi pendidikan dilingkungan kita itu sangat baik terutama dilingkungan pesantren atau madrasah,banyaknya pelajaran agama dan umum bisa menambah pengetahuan para peserta didik yang mempelajarinya.
4). Hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan islam itu sama-sama berupaya untuk memberikan dengan sengaja oleh orang dewasa kepada peserta didik dalam pertumbuhan jasmani dan rohani agar berguna bagi diri sendiri dan masyarakat.
3.2  Saran
Dengan kita mengetahui pengertian ilmu pendidikan islam, pendidikan di era globalisasi, kondisi pendidikan di lingkungan sekitar, dan hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan islam. Penulis mengharapkan agar pembaca dapat memahami pengertian ilmu pendidikan islam khususnya bagi mahasiswa tarbiuyah atau calon guru sebagai bekal dalam mendidik anak-anaknya kelak.
DAFTAR PUSTAKA


Nata, Abuddin. 2010. Ilmu pendidikan islam. Jakarta: Grama Media.
Farchan, Arief. 2004.Transformasi Pendidikan Islam. Jogjakarta: Grama Media.
Madjid, Abdul. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

RESUME
ASAS – ASAS ILMU PENDIDIKAN ISLAM DAN  
BATAS BATAS PENDIDIKAN ISLAM

Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
 Mata Kuliah Ilmu Pendidikan Islam



DISUSUN OLEH :
MUHDAT MUHTADIN
KELAS : PAI/A
FAKULTAS : TARBIYAH
TINGKAT / SEMESTER : II/III

INSTITUT AGAMA ISLAM CIPASUNG
SINGAPARNA – TASIKMALAYA
2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar