BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Ilmu
pendidikan agama islam merupakan upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan
peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga, mengimani ajaran
agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain
dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama hingga terwujud kesatuan
dan persatuan bangsa.
Pada era
globalisasi ini pendidikan sangat penting bagi peserta didik.karena era
globalisasi dapat membawa kita untuk semakin mudah memperoleh informasi dari
luar yang dapat membantu kita menemukan alternatif-alernatif baru dalam usaha
memecahkan masalah yang kita hadapi terutama dalam bidang pendidikan
islam,misalnya melalui internet kini kita dapat mencari informasi dari seluruh
dunia tanpa harus mengeluarkan banyak dana.
Kondisi
pendidikan dilingkungan kita itu sangat baik terutama dilingkungan pesantren
atau madrasah.banyaknya pelajaran agama dan umum bisa menambah pengetahuan para
peserta didik yang mempelajarinya.
Hubungan
pendidikan secara umum dengan pendidikan islam itu sama-sama berupaya untuk
memberikan dengan sengaja oleh orang dewasa kepada peserta didik dalam
pertumbuhan jasmani dan rohani dalam menuju terbentuknya kepribadian Utama Agar
Berguna Bagi Diri Sendiri Dan Masyarakat.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah diatas timbul permasalahan yang dapat penulis rumuskan
sebagai berikut :
1.
Apa yang dimaksud ilmu pendidikan
islam ?
2.
Mengapa pendidikan islam itu penting
terutama diera globalisasi seperti sekarang ini?
3.
Jelaskan
analisis dan kondisi pendidikan dilingkungan sekitar?
4.
Jelaskan
penjelasan tentang hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan islam?
1.3 Tujuan
1) Agar kita
mengetahui pengertian ilmu pendidikan islam.
2) Agar kita
mengerti bagaimana pendidikan islam dimasa era globalisasi. sekarang ini.
3) Agar kita
mengetahui kondisi pendidikan disekitar kita.
4) Menunjukkan
hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan islam.
1.4 Manfaat
a. Menambah
pengetahuan kita tentang ilmu pendidikan islam
b. Menambah
pengetahuan kita bagaimana pendidikan islam dimasa globalisasi sekarang ini
c. Menambah ilmu
pengetahuan kita tentang kondisi ilmu pendidikan disekitar kita
d. Menambah
pengetahuan kita tentang hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan
islam.
.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian ilmu pendidikan
Ilmu pendidikan agama islam adalah upaya sadar dan
terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati,
hingga, mengimani ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk
menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat
beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa.yang bertujuan mendidik
siswa untuk berperilaku sesuai dengan nilai-nilai atau akhlak islam.dan
mendidik siswa siswi untuk mempelajari materi ajaran islam-subjek berupa
pengetahuan tentang ajaran islam.
2.2 Pentingnya pendidikan islam diera globalisasi
sekarang
Dimasa depan, tampaknya pendidikan islam masih harus
melakukan perubahan-perubahan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dan
tantangan yang dihadapinya.tantangan yang paling nyata didepan mata adalah
globalisasi sebagai akibat kemajuan IPTEK.
Globalisasi adalah suatu proses yang mendunia akibat
kemajuan-kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dibidang
telekomunikasi dan transportasi.
Pada era globalisasi ini pendidikan sangat penting bagi
peserta didik.karena era globalisasi dapat membawa kita untuk semakin mudah
memperoleh informasi dari luar yang dapat membantu kita menemukan
alternatif-alernatif baru dalam usaha memecahkan masalah yang kita hadapi
terutama dalam bidang pendidikan islam,misalnya melalui internet kini kita
dapat mencari informasi dari seluruh dunia tanpa harus mengeluarkan banyak
dana.
2.3 Analisis dan
kondisi pendidikan di lingkungan sekitar
Kondisi pendidikan dilingkungan kita itu sangat baik
terutama dilingkungan pesantren atau madrasah,banyaknya pelajaran agama dan
umum bisa menambah pengetahuan para peserta didik yang
mempelajarinya,dibandingkan sekolah umum yang tidak berwawasan pesantren atau
madrasah, seperti SD, SMP atau SMA.materi PAI hanya digabung menjadi satu
pelajaran saja disekolah umum yang bukan madrasah.sedangkan kalau dimadrasah
pelajaran PAI terbagi menjadi enam,yaitu :
a.
Ilmu alquran
b.
Alhadist
c.
Keimanan
d.
Aqidah akhlak
e.
fIqih atau ibadah
f.
sejarah kebudayaan islam
2.4 Hubungan
pendidikan secara umum dengan pendidikan islam
Hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan islam
itu sama-sama berupaya untuk memberikan dengan sengaja oleh orang dewasa kepada
peserta didik dalam pertumbuhan jasmani dan rohani dalam menuju terbentuknya
kepribadian utama agar berguna bagi diri sendiri dan masyarakat.
Hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan islam
juga dapat mengubah tingkah laku individu pada kehidupan pribadi, masyarakat,
dan alam sekitarnya. Dengan cara pengajaran sebagai suatu aktifitas asasi dan
sebagai profesi diantara profesi-profesi asasi dalam masyarakat.
Hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan
islam mempunyai tujuan yang biasanya diusahakan untuk menciptakan pola-pola
tingkah laku tertentu pada anak-anak atau orang yang sedang dididik
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
1) Ilmu pendidikan
agama islam adalah upaya sadar dan terencanadalam menyiapkan peserta didik
untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga, mengimani ajaran agama islam,
dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam
hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama hingga terwujud kesatuan dan
persatuan bangsa.
2) Pentingnya pendidikan pada Era globalisasi sangat
penting bagi peserta didik.karena era globalisasi
dapat membawa kita untuk semakin mudah memperoleh informasi dari luar yang
dapat membantu kita menemukan alternatif-alernatif baru dalam usaha memecahkan
masalah yang kita hadapi terutama dalam bidang pendidikan islam,misalnya
melalui internet kini kita dapat mencari informasi dari seluruh dunia tanpa
harus mengeluarkan banyak dana.
3). Kondisi pendidikan dilingkungan kita itu sangat baik
terutama dilingkungan pesantren atau madrasah,banyaknya pelajaran agama dan
umum bisa menambah pengetahuan para peserta didik yang mempelajarinya.
4). Hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan
islam itu sama-sama berupaya untuk memberikan dengan sengaja oleh orang dewasa
kepada peserta didik dalam pertumbuhan jasmani dan rohani agar berguna bagi
diri sendiri dan masyarakat.
3.2 Saran
Dengan kita mengetahui pengertian ilmu pendidikan islam,
pendidikan di era globalisasi, kondisi pendidikan di lingkungan sekitar, dan
hubungan pendidikan secara umum dengan pendidikan islam. Penulis mengharapkan
agar pembaca dapat memahami pengertian ilmu pendidikan islam khususnya bagi
mahasiswa tarbiuyah atau calon guru sebagai bekal dalam mendidik anak-anaknya
kelak.
DAFTAR PUSTAKA
Nata, Abuddin. 2010. Ilmu pendidikan islam.
Jakarta: Grama Media.
Farchan, Arief. 2004.Transformasi Pendidikan Islam.
Jogjakarta: Grama Media.
Madjid, Abdul. 2004. Ilmu Pendidikan Islam.
Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
RESUME
ASAS – ASAS ILMU PENDIDIKAN ISLAM DAN
BATAS BATAS
PENDIDIKAN ISLAM
Disusun Untuk
Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Ilmu Pendidikan
Islam
DISUSUN OLEH :
MUHDAT MUHTADIN
KELAS : PAI/A
FAKULTAS :
TARBIYAH
TINGKAT /
SEMESTER : II/III
INSTITUT AGAMA ISLAM CIPASUNG
SINGAPARNA – TASIKMALAYA
2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar