TOKO 0SCAR CLASSER

Rabu, 02 Oktober 2013

contoh makalah komputer casing

BAB 1
PENDAHULUAN
A . Latar Belakang
            Komputer  adalah  alat  komunikasi  yang  sangat berguna  bagi kehidupan  manusia      dan juga sebagai  alat  untuk  menyimpan  semua  dokumen  dengan  dilengkapi  alat-alat yang lainnya .
 CPU merupakan salah satu bagian komputer yang memiliki fungsi untuk menghidup dan mematikan komputer tersebut . Oleh karena itu , CPU tentunya membutuhkan perlindungan  yaitu seperti casing karena casing berfungsi sebagai pelindung CPU , selain itu casing juga berfungsi sebagai pendingin tambahan. Karena biasanya , casing modern saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlah nya bisa lebih dari satu buah.
Itulah fungsi casing , namun masih ada beberapa fungsi lainnya . Oleh karena itu , penulis mengambil pembahasan tentang casing yang disertai dengan fungsi dan jenis casing tersebut .
B. Rumusan Masalah
            1. Apa itu casing ?
            2. Apakah fungsi casing ?
3. Berapakah jenis casing ?
C. Tujuan Penulisan
            1. Untuk mengetahui pengertian casing
            2. Untuk mengetahui bentuk – bentuk casing
            3.Untuk mengetahui fungsi casing
1
D. Metode Penulisan
Dalam penyusunan makalah ini penulis menggunakan metode penyaringan dari situs – situs internet .

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Casing


        Casing merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU. Bentuk yang umum adalah kotak persegi, namun bisa dengan modifikasi bagi mereka yang senang mengotak-atik casing ini.

         Selain sebagai pelindung CPU, casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan. Karena biasanya, casing modern saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlah nya bisa lebih dari satu buah.
2

        Fungsi lainnya yang utama adalah sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya, terutama CPU, seperti motherboard, vga card, soundcard dan lain-lain.Sebagai pelindung, casing bermanfaat melindungi bagian dalamnya dari kotoran atau debu, dari benturan dengan benda lain, sehingga bagian-bagian yang vital akan aman dan tidak cepat rusak.

        Selain fungsi primernya tersebut, casing juga dapat tampil dengan berbagai macam warna dan bentuk yang sesuai dengan keinginan kita. Tentu saja casing hasil modifikasi ini harganya lebih mahal.Yang terpenting dalam pemilihan casing adalah fungsi utamanya. Sehingga komputer kita berada dalam keadaan yang aman dan terlindungi.

B.     FUNGSI CASING
Casing komputer adalah bagian dari sebuah komputer yang menyatukan semua komponen komputer seperti motherboard, prosesor, harddisk, power supply dan lain-lain. Casing umumnya terbuat dari logam alumunium atau seng.
Casing komputer berfungsi untuk melindungi komponen komputer di dalamnya dari debu, air, panas, kelembapan dan benturan fisik yang mungkin terjadi dan bisa merusak komponen komputer. Fungsi yang lainnya yang juga penting adalah sebagai tempat untuk berbagai komponen lain seperti DVD Drive, Card Reader, Floppy Disk, USB front slot, dan lain sebagainya. Fungsi yang lainnya, antara lain:
Sebagai pendingin komponen komputer karena adanya exhaust fan yang berfungsi untuk mendinginkan bagian yang ada di dalam casing.
    Casing komputer digunakan sebagai pemanis tampilan komputer sehingga tidak tampak “semrawut”.
Menghindari kecelakaan yang fatal bagi manusia, misalnya tanpa sengaja menyentuh komponen sehingga tersetrum.

C.    Jenis-Jenis Casing
Berikut adalah jenis-jenis casing berdasarkan jenis-jenis ukuran motherboard.
1. Casing Full Tower
Casing komputer jenis full-tower ini adalah casing komputer terbesar diantara jenis casing lainnya, casing jenis ini bisa menampung semua ukuran motherboard seperti Micro-ATX, ATX, E-ATX dan XL-ATX, biasanya casing jenis ini digunakan oleh para gamer atau mereka-mereka yang sangat antusias dengan hardware komputer.

2. Casing Mid Tower
Casing jenis mid-tower ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan casing full-tower tapi masih bisa menampung motherboard dengan spesifikasi ukuran Micro-ATX dan ATX, saya rasa casing jenis ini lah yang paling umum dijual di toko-toko komputer dan yang paling banyak orang gunakan saat ini.

3. Casing mini Tower (mini-ATX)
Casing mini-tower ini ukurannya lebih kecil dibandingkan casing mid-tower, casing jenis ini hanya bisa menampung motherboard dengan ukuran Micro-ATX. Casing komputer yang saya gunakan yang saya pajang fotonya di atas adalah contoh dari casing komputer jenis mini-tower.

4. Casing mini ITX
Seperti namanya, casing mini-ITX ini hanya bisa menampung motherboard dengan ukuran Mini-ITX, ukurannya jauh lebih kecil kalau dibandingkan casing mini-tower, dan biasanya casing jenis ini menggunakan power supply dengan ukuran khusus yang lebih kecil dari  
5. Casing Gaming
Casing gaming ini biasanya berjenis full tower dan mid tower, karena casing ini kegunaanya untuk para gamers yang membutuhkan ruang yang lebar untuk hardwarenya. Selain itu casing gaming ini biasanya berbentuk sangat menarik, banyak fan case nya serta banyak LED yang menyala untuk menambah kesan menariknya.
6. Casing Value
Casing value ini biasanya dipakai oleh orang-orang awam, karena selain harganya murah Casing ini juga dilengkapi dengan PSU. Casing value ini cocok untuk orang-orang yang merakit komputer untuk kegiatan-kegiatan mengetik dokumen, berselancar internet, serta berkirim email.

7. Casing without PSU
Casing tanpa PSU atau Without PSU biasanya berjenis mid tower, karena biasanya PSU bawaan casing tidak true power. Sehingga orang-orang banyak yang memilih Casing yang tanpa Power Supply.







 BAB III
KESIMPULAN
        Casing merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU. Bentuk yang umum adalah kotak persegi, namun bisa dengan modifikasi bagi mereka yang senang mengotak-atik casing ini.
Casing komputer berfungsi untuk melindungi komponen komputer di dalamnya dari debu, air, panas, kelembapan dan benturan fisik yang mungkin terjadi dan bisa merusak komponen komputer. Fungsi yang lainnya yang juga penting adalah sebagai tempat untuk berbagai komponen lain seperti DVD Drive, Card Reader, Floppy Disk, USB front slot, dan lain sebagainya. Fungsi yang lainnya, antara lain:
Sebagai pendingin komponen komputer karena adanya exhaust fan yang berfungsi untuk mendinginkan bagian yang ada di dalam casing.











6
 
DAFTAR PUSTAKA

-          http://google.com/
-          www.enterkomputer.com/casing.php
               


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat kepada kita semua , baik nikmat iman juga islam.
Shalawat dan salamnya mari kita panjatkan kepada nabi panutan semua umat islam yakni Habibana Wanabiyana Muhammad SAW .
Alhamdulilah  penulis  dapat  menyelesaikan  penyusunan  makalah  yang  berjudul “CASING” ini . Oleh karena itu , penulis  mengucapkan  terima  kasih  yang sebesar-besarnya kepada :
1.  Ayahanda  dan  ibunda  yang  telah  memberikan  dukungan  moril serta  materil  kepada       penulis  sehingga kami bisa menyelesaikan penyusunan makalah ini .
2.   Kelompok  dan  teman-teman  tercinta  yang  telah  mendukung  secara  penuh      atas  penyelesaian  makalah ini .
3.   Rekan-rekan  seperjuangan  yang  sama-sama  berjuang  dikelas  ini , mudah-mudahan    segala  usaha  kita  dalam proses mencari  ilmu  ini menjadi  amal  ibadah  bagi  kita  semua.
Harapan  penulis , semoga dengan  tersusunnya makalah ini  dapat  memberikan  manfaat  khususnya  bagi  penulis  dan  bagi  akademis  yaitu dapat  mengembangkan  ilmu  pendidikan  bahasa  arab  di institut  ini .
Semoga amal baik  dari  semua  pihak  dicatat  oleh Allah SWT sebagai amal ibadah  serta dibalas  dengan pahala  yang  berlipat  ganda.Aamiin.
Tasikmalaya, 28 September 2013

Penyusun
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ...............................................................................    i
DAFTAR ISI .............................................................................................   ii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................... 1                      A . Latar Belakang ............................................................................        1
B. Rumusan Masalah ........................................................................          1
C. Tujuan Penulisan ........................................................................            1
D. Metode Penulisan ....................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN ............................................................................ 2
A.    Pengertian Casing..................................................................................       2
B.     Fungsi casing.......................................................................  3
C.    Jens - jenis casing................................................................  3
BAB III PENUTUPAN .............................................................................  6
            Kesimpulan ....................................................................................   6
DAFTAR PUSAKA ................................................................................... 7

1 komentar:

  1. Where can buy MSI MAG Gaming Case in Uae, Force 100R ARGB Gaming Case in Uae, Mid Tower Gaming Case in Uae
    https://pcdubai.com/product/msi-mag-force-100r-argb-mid-tower-gaming-case-black-306-7g03r21/

    BalasHapus